Neo

Cassava in Sumatra island

KERIPIK SANJAI

Selain dikenal dengan Nasi Kapau-nya, ada oleh-oleh khas Sumatera Barat yang sering dicari para pendatang, yaitu Kripik Sanjai. Salah satu toko kripik yang terkenal adalah Kripik Sanjai Mintuo. Pemiliknya Ny. Mintuo.

Setelah dingin, singkong goreng ini diolesi dengan bumbu yang rasanya manis, pedas, dan agak lengket. Selain menjual Kripik Sanjai yang panjang-panjang, ada juga Kripik Sanjai yang bentuknya lingkaran. Untuk rasanya juga lebih bervariasi dibandingkan dengan Kripik Sanjai yang original. Bumbu olesannya terdapat rasa tawar, asin, serta pedas dan manis.

Sehari Kripik Sanjai Mintuo bisa menghabiskan 150 kilogram singkong dan 80 kilogram minyak goreng seharinya. Meski tak bersedia menyebutkan penghasilannya per hari, namun ia mengatakan penghasilannya sudah bisa menyekolahkan 6 anaknya menjadi sarjana. Oleh-oleh Kripik Sanjai adalah buah tangan yang paling laku, selain rasanya enak, juga tahan lama.

KRIPIK BALADO

Kripik Balado yang paling top di Bukittinggi adalah buatan Christin Hakim. Kripik balado ini hampir mirip dengan Kripik Sanjai, hanya bedanya serutan singkong Kripik Balado lebih tipis dan bumbunya ditumis dahulu baru singkong goreng dimasukkan. Jadi bumbunya benar-benar meresap. Kripik Balado Christin Halim ini sudah ada sejak 11 tahun yang lalu. Dahulu Christin tinggal di lorong, tapi makin lama usahanya makin sukses dan mampu memiliki 2 buah kios dengan 6 orang karyawan.

Menjelang Lebaran, Christin mampu menjual 200 kilo kripik per hari. Itu pun sudah melewati pemesanan jauh hari sebelumnya. Tapi pada saat hari biasa, kripik yang terjual hanya sekitar 100 kilo saja sehari. Selain menyediakan Kripik Balado, ada juga makanan kecil lain yang dijadikan favorit baru, yaitu kacang Tojin (kacang bawang dengan cincangan daun seledri).

0 Comment: