Neo

Keripik Singkong from Sumenep

Mencari buah tangan keripik singkong di Kabupaten Sumenep tidaklah terlalu sulit. Maklum selain terkenal dengan tembakaunya, kabupaten di ujung timur Pulau Garam ini juga dikenal sebagai sentra penghasil singkong (Cassava).
Berdasarkan data Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemkab. Sumenep, perajin keripik singkong terdapat di Kecamatan Seronggi, Batu Putih, Manding, Dasuk dan Ambuten. Di Kabupaten lain sebenarnya juga banayak perajin keripik singkong, tetapi keripik singkong Sumenep ternyata lebih disukai, karena keripik singkong asal sumenep memiliki cita rasa yang khas. Jadi jangan heran jika keripik singkong asal Sumenep ini dengan gampang bisa dijumpai di took kue di daerah-daerah lain yang ada di Pulau Madura.

Di Kecamatan Seronggi saja , usaha pembuatan keripik singkong tersebar di tiga desa, masing-masing Desa Tanah Merah, Langsar dan Juluk. Di tiga desa ini sebagian besar ibu-ibu rumah tangga terserap sebagai tenaga kerja.
Untuk menuju tiga desa penghasil keripik singkong ini tidaklah terlalu sulit. Pasalnya, di tiga desa ini tidak terlalu jauh dari jalan raya. Desa Tanah Merah misalnya lokasinya sekitar 10 Km masuk Kota Sumenep, sedang Desa Langsar berada di timur Desa Tanah Merah dan Desa Juluk berada di sebelah baratnya.

2 Comment:

  Ros Marya Yasintha

12:26 PM

Ternyata di sumenep penghasil Singkong juga ya...
Ak suka sekali keripik singkong!! Sewaktu liat kemasannya, tertulis di situ "Bogor".
kalo yang dari sumenep mungkin belum terdistribusi lebih jauh ya??

  Adite

1:10 AM

aduuuh masuk di saat yang gak tepat!!!
LIAT KERIPIK SINGKONG bikin ngidam...