Neo

Peduli Pangan, Manfaatkan Singkong

Untuk mengangkat status singkong agar menjadi bahan pangan yang mempunyai prestise cukup baik, Badan Litbang Pertanian akan menyelenggarakan Talk Show ”Singkong Sumber Pangan Sehat : Kupas Tuntas Manfaat Singkong”. Acara ini akan digelar pada 12 Mei 2007, jam 10.00 di Gedung Semanggi Expo, Jakarta.

Talk Show tersebut akan diselenggarakan di sela-sela acara pameran Agro & Food Expo yang berlangsung pada tanggal 10 – 13 Mei 2007, di Panggung Utama gedung Semanggi Expo Jakarta. Talk Show akan menghadirkan pembicara antara lain para praktisi, peneliti, pengusaha tepung kasava dan industri makanan, serta perwakilan masyarakat yang menjadikan singkong sebagai makanan pokok. Acara akan dipandu oleh salah seorang selebriti ternama yang peduli akan sumber-sumber pangan sehat yaitu Dik Doang.

Beberapa penelitian telah mengungkapkan bahwa singkong setelah diproses menjadi tepung kasava merupakan salah satu tepung yang paling cocok sebagai pengganti terigu. Ketiadaan gluten pada tepung kasava perlu dilihat sebagai keunggulan, sehingga secara kesehatan dapat digunakan untuk diet bagi penderita autis.

Penganan seperti mie dan roti menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari, yang menandakan bahwa penggunaan terigu untuk dua produk tersebut sangatlah tinggi. Penelitian juga mengungkapkan bahwa kemampuan substitusi tepung kasava pada mie dan kue kering/biskuit dapat mencapai 50%, untuk roti 25% sedangkan untuk cake dapat mengganti 100% terigu. Dengan demikian, peluang tepung kasava sebagai sumber pangan sangat besar.
(Indonesian Agency for Agricultural Research and Development)

0 Comment: